Pengertian Processor


Salam para Bloger semua, selamat bertemu kembali dipostingan berikutnya dari A3’s Blog. Disini saya akan memberi sedikit pengertian tentang Apa itu Processor? Processor adalah merupakan piranti utama dari sebuah komputer, tanpa processor komputer tidak akan pernah bisa hidup. Secara umum Processor atau yang sering kita kenal juga dengan istilah CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari sebuah komputer yang berfungsi untuk mengorganisir seluruh system di komputer dari hardware maupun softwarenya. Sedangkan arti yang sesungguhnya dari Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. IC yaitu suatu komponen dasar terdiri dari resistor, transistor dan sebagainya, IC juga suatu komponen yang dipergunakan sebagai otak perangkat-perangkat elektronika. Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah Intel, AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, dan IDT. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

Processor juga mempunyai bagian-bagian penting layaknya hardware yang lainnya, seperti : ALU (Aritmatic Logical Unit), CU (Control Unit), dan MU (Memory Unit). Di bawah ini saya akan menjelaskan tentang arti dan fungsi dari bagian-bagian Processor tersebut :

1. Aritmatic Logical Unit (ALU)

ALU adalah salah satu bagian/komponen dalam sistem di dalam sistem komputer yang berfungsi melakukan operasi/perhitungan aritmatika dan logika (Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR. ALU bekerja besama-sama memori, di mana hasil dari perhitungan di dalam ALU di simpan ke dalam memori.

2. Control Unit (Control Unit)

CU adalah Unit yang berfungsi untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan (output). Selain itu CU menafsirkan perintah dan menghasilkan sinyal yang tepat untuk bagian lain dalam sistem komputer, mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan dari program komputer.

3. Memory Unit (MU)

MU adalah suatu Memory yang berfungsi sebagai alat penyimpanan data atau informasi pada system komputer. Penyimpanan data disini dapat bersifat sementara ataupun permanen, karena tergantung pada frekuensi pengambilan data tersebut.

Demikian tentang devinisi atau pengertian Processor menurut pengetahuan saya. Semoga bermanfaat untuk kalian semua, selamat bertemu kembali di postingan berikutnya.


3 komentar to "Pengertian Processor"

  • thanks brur :))

  • Misi gan, izin share ya...

    Acer One 10-S100X
    Price Rp 3.799.000

    Spesifikasi :

    Tipe Prosesor : Intel Atom Quad Core
    Memori Standar : 2GB
    Tipe Grafis : Intel® HD Graphics
    Ukuran Layar : 10.1 Inch
    Resolusi Layar : 1280 x 800
    Tipe Layar : Touchscreen
    Speaker : Two built-in stereo speakers
    Kapasitas Penyimpanan : 32GB eMMC + 500GB HDD on Dock
    Wireless Network Protocol : IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n
    Wireless Bluetooth : Bluetooth 4.0
    Sistem Operasi : Microsoft Windows 8.1
    Baterai : 6000mAh
    Daya Tahan Baterai : up to 5 hours
    Daya / Power : External AC Adapter
    Dimensi (PTL)
    > Tablet : 259 x173 x 10.3 mm
    > w/Dock: 259 x 181.6 x 24.3 mm

    Pusat Belanja Komputer

    Terimakasih.... :)

  • makasih banyak buat infonya,, sangat bermanfaat dsan menambah wawasan

    http://goo.gl/Bkmzam

Posting Komentar

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

About This Blog

Pengunjung

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia
Sedikit mengenai tentang "Nurahman Arby" yaitu saya sendiri. Saya adalah seorang alumnus dari SMK Dr. Soetomo 1 Cilacap, dan jurusan yang saya ambil pada saat itu adalah Multimedia. Sekarang saya merupakan Mahasiswa di STMIK AMIKOM Yogyakarta yang bercita-cita menjadi wiraswasta dibidang Teknik Informatika. Kata -kata yang sangat saya sukai adalah "IT it's My World".

this site advertise

Iklan tentang Bisnis Online

Entri Populer

Web hosting for webmasters