PENGERTIAN HARDWARE



Hardware atau yang bisa kita sebut juga sebagai perangkat keras, adalah merupakan alat atau komponen yang dapat diraba maupun dilihat secara langsung oleh manusia. Hardware sendiri berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi dan mengolah data yang bekerja secara elektronis dan otomatis. Hardware dapat bekerja apabila terdapat User atau pengguna yang memberikan perintah, dengan adanya perintah dari seorang User maka hardware tesebut akan dapat melakukan semua kegiatan dari apa yang telah diperintahkan oleh User tersebut.

Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi 4, yaitu :

1. Input Device (unit masukan)

Input Device adalah perangkat keras yang berguna sebagai alat masukan data ke dalam komputer. Contoh hardware yang berfungsi sebagai alat masukan data adalah keyboard, mouse, microphone, scanner, CD ROM , dan lain sebagainya.

2. Process Device (unit Pemrosesan)

Unit pemrosesan sering disebut juga sebagai Central Processing Unit (CPU) yang merupakan otak atau sumber utama kehidupan dari komputer. Fungsi dari CPU itu sendiri adalah mengontrol, memproses, menghitung, mengatur hubungan kinerja antar komponen serta mengalokasikan tempat penyimpanan sementara maupun permanen. Secara umum CPU mempunyai 3 komponen utama yaitu Aritmatic Logic Unit, Control Unit, dan Main Memory.

3. Output Device (unit keluaran)

Output Device adalah perangkat keras yang berguna sebagai alat keluaran dari data yang telah diproses dan akan disajikan pada komputer. Contoh hardware yang berfungsi sebagai alat keluaran data adalah monitor, printer, speaker, plotter, dan lain lain.

4. Backing Storage ( unit penyimpanan)

Backing Storage adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai alat atau media penyimpanan data yang terdapat pada komputer. Contoh perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data adalah harddisk, disket, flashdisk, compact disk.


0 komentar to "PENGERTIAN HARDWARE"

Posting Komentar

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

About This Blog

Pengunjung

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia
Sedikit mengenai tentang "Nurahman Arby" yaitu saya sendiri. Saya adalah seorang alumnus dari SMK Dr. Soetomo 1 Cilacap, dan jurusan yang saya ambil pada saat itu adalah Multimedia. Sekarang saya merupakan Mahasiswa di STMIK AMIKOM Yogyakarta yang bercita-cita menjadi wiraswasta dibidang Teknik Informatika. Kata -kata yang sangat saya sukai adalah "IT it's My World".

this site advertise

Iklan tentang Bisnis Online

Entri Populer

Web hosting for webmasters