Pengertian Power Supply Komputer


Secara sederhana pengertian Power Supply atau yang sering kita sebut juga dengan PSU merupakan alat pemberi sumber daya ke seleruluh komponen-kmponen komputer seperti Harddisk, mainboard, DVD Drive, dan lain sebagainya. Pengertian secara kinerjanya Power Supply merupakan pengubah dari tegangan listrik AC (Alternating Current) menjadi tegangan (Direct Current). Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.

Sebuah Power Supply komputer mempunyai banyak konektor, yang terdiri dari Konektor 20 pin ATX , Konektor 24 pin ATX, Konektor floppy, Konektor Aux, dan Konektor SATA. Dibawah ini saya akan menjelaskan tentang fungsi dari masing-masing konektor tersebut :

1. Konektor 20 pin ATX

Konektor ini dihubungkan dari Power Supply (PSU) ke Mainboard, sebagai penyedia daya dari Power Supply ke Mainboard untuk di alirkan ke komponen-kompnen komputer lainnya.

2. Konektor 24 pin ATX

Konektor ini sebenarnya berfungsi sama dengan Konektor 20 pin, yag membedakan hanya terdapat tambahan konektor 4 pin. Konektor 24 pin ATX biasanya ditemukan di komputer-komputer yang versi terbaru.

3. Konektor floppy

Konektor ini berfungsi sebagai penyedia daya dari Power Supply menuju Floppy Drive.

4. Molex Connector

IDE Konektor ini berfungsi sebagai pemasok dan penyedia catu daya dari Power Supply (PSU) menuju Harddisk maupun CD-ROM, ini merupakan konektor jenis lama.

5. Konektor SATA

Konektor ini merupakan konektor yang mempunyai fungsi sama dengan konektor Molex, yang membedakannya ini merupakan konektor versi terbaru untuk Harddisk dan CD-ROM yang terbaru pula.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang pengertian maupun fungsi dari Power Supply. Semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.


0 komentar to "Pengertian Power Supply Komputer"

Posting Komentar

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

About This Blog

Pengunjung

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia
Sedikit mengenai tentang "Nurahman Arby" yaitu saya sendiri. Saya adalah seorang alumnus dari SMK Dr. Soetomo 1 Cilacap, dan jurusan yang saya ambil pada saat itu adalah Multimedia. Sekarang saya merupakan Mahasiswa di STMIK AMIKOM Yogyakarta yang bercita-cita menjadi wiraswasta dibidang Teknik Informatika. Kata -kata yang sangat saya sukai adalah "IT it's My World".

this site advertise

Iklan tentang Bisnis Online

Entri Populer

Web hosting for webmasters